Pages

korelasi move on dan hijrah

Jumat, 20 Januari 2012
 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Apa kabar loe-loe sekalian? Gue harap loe pada sehat dan selalu beriman ya sob. Aminn.
Muuphin akyu karena baru bisa buat bacaan baru buat loe-loe semua, soalnya gue kemaren-kemaren sibuk banget sama yang namanya ujian dan sekarang mumpung gue lagi di kampung halaman gue bisa bebas leluasa nulis di blog merangkap nostalgia bareng PC purba gue, yg gue warisin ke adek-adek gue dan mereka jaga dengan baik, ya bener-bener di rawat dengan baik sampai semua macam dan varian virus bisa hidup dengan damai dan beranakpinak dalam nih PC -______-. Terimakasih adik-adikku. #nyesek

OK,kita tinggalin cerita antara aku, adikku dan virus komputer diatas, langsung menuju ke topik utama yang udah tertulis di judul postingan ini, yup bener banget move-on. Bagi sebagian besar anak-anak remaja jaman sekarang yang pada eksis di dunia maya(termasuk juga gue) pasti udah akrab banget sama istilah satu itu, dan bagi yang belum tau saya sudah ngasih satu link yang berguna banget kala lu ada dalam kesulitan klik di sini (yang udah buka link nya pasti "terkagum-kagum" dan bilang "ooo iya juga ya").

Sama seperti loe semua, gue waktu pertama kali dengar istilah ini gue juga penasaran abis sama yang namanya move on, karena gue juga dikit-dikit bisa bahasa inggris gue coba artiin kata perkata, move artinya bergerak, on artinya diatas. Nah lho gue terbelalak kaget, mau bergerak diatas apaan coba?? Ambigu banget nih bahasanya. Akhirnya, gue pake analisis kedua gue coba ngecek TL temen-temen gue yang gaul abis di twitter. Gue mau ngecek, bilamanakah mereka make istilah move on. Catatan hasil analisa laboratorium gue sebagai berikut:


Percakapan salah dua teman gue, yang satu sebut saja Mawar dan yang satunya Bambang
@mawar_clalu_dicakiti: setiap dengar lagu ini, aku selalu mengingat masa-masa bersamamu
@b4ms^hLuz^t3Gar: udah deh, jgn galau truz loe harus segera move on sebelum di move on-kan

ada juga yang gini:
@misterX: timbang terus galau terus mikir loe, mendingan gue move on.

dari hasil pengamatan di atas dapat disimpulkan bahwa habis galau terbitlah moveon <-- sotoy abiss hahaha

Nah masih belum puas gue search di google, dan ternyata banyak juga yang ngasi definisi ngaco versinya masing-masing, tapi gue bisa tarik intinya juga sih, ternyata move on itu maksudnya kita harus bergerak maju, artinya bergerak maju itu, kita gak boleh terlarut-larut dalam permasalahan yang udah-udah di jaman lalu.

Setelah gue pikir-pikir move on ini ternyata udah lama ditemukan oleh manusia-manusia sebelum kita, tepatnya kaum Islam jaman dulu, cuman dalam istilah yang beda aja, namanya Hijrah.Ya bener banget meskipun gue yakin klo loe dengar kata hijrah loe bakal ngebayangin orang-orang arab jaman dulu pake onta di padang pasir menuju mekkah ke madinah. Tapi gak gitu juga teman, inti dari hijrah sendiri adalah berpindah ke tempat yang lebih baik, loe bisa bayangin kan kalau-kalau saja dulu Rasullullah tetap diam sambil bergalau ria di Mekkah, mungkin saja Islam gak bakal sukses dan besar seperti sekarang, atau mungkin saja malah hancur oleh peradaban kaum-kaum kafir di Mekkah.

Hijrah juga bukan tentang berpindah tempat, tapi juga mengubah sifat, kan percuma loe udah ke tempat yang lebih baik tapi hati dan pikiran loe tetap busuk aja kayak dahulu kala. Yang gue dapat bahwa hijrah itu sangat di anjurkan oleh Allah SWT lewat firman-firmannya:


Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan malaikat dalam keadaan menganiaya diri sendiri, (kepada mereka) malaikat bertanya : “Dalam keadaan bagaimana kamu ini?.” Mereka menjawab: “Adalah kami orang-orang yang tertindas di negeri (Mekah).” Para malaikat berkata: “Bukankah bumi Allah itu luas, sehingga kamu dapat berhijrah di bumi itu?.” Orang-orang itu tempatnya neraka Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali. [An Nisaa' (4): 97]


Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezki yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [An Nisaa' (4): 100]

Nah maksud dari ayat-ayat ini kan udah jelas loe harus berpindah ke tempat yang lebih baik, tapi gak juga harus jauh-jauh ke Madinah juga kalee, kan tempat yang lebih baik itu banyak kan, iya nggak? Mungkin aja yang selama ini nongkrong nya di tempat-tempat maksiat, sekarang pindah nongkrong ke tempat-tempat pengajian, selain dapat ilmu loe juga dapat pahala. Yang selama ini nongkrongnya cuma ngabisin waktu di warnet chatingan, mungkin bisa ke rumah temen loe yang lumayan pintar buat belajar, selain dapet ilmu lo juga dapet silaturrahmi atau yang mungkin selama ini "nongkrong"nya di kamar kecil ya tetep aja di situ, masa mau "nongkrong" di mall, jijik lah, hahahahaa *ngakak*

Malah orang yang gak move on atau dalam bahasa lain kita sebut hijrah akan kembali ke tempat yang seburuk-buruknya tempat buat kembali apa itu? apa? apa? NERAKA JAHANAM teman-teman. Ya iyalah neraka loe udah tau tongkrongan loe gak guna sama sekali, maksiat malah, masih aja loe tongkrongin. Hijrah bukan berarti loe harus ninggalin pergaulan masa muda loe, teman-teman yang dulu ajak loe maksiat, tetap dijadiin teman cuman jangan seintim sebelum-sebelumnya, cuman tetap menjaga silaturrahmi aja dan kalo udah di ajak maksiat loe tolak dengan halus. Bukannya pakar-pakar psikologi udah bilang bahwa sifat yang kita bawa itu akan bergantung pada lingkungan pergaulan kita? Nah, klo pengen bener ya gaul sama orang-orang yang bener.

Gue yakin kalo kita semua sudah kenal sama orang-orang yang baik, kita bakal ikutan baik dan bahkan akrab sama semua kebaikan-kebaikan yang baik, artis juga banyak yang move on bro dan sist contohnya: alm. Gito Rollies, Ustadz Jefry Al-Buchori, Yusuf Islam, Opick dan lain-lain, loe coba lihat aja kehidupannya orang-orang yang gue sebutin loe cari di google, di yahoo atau MSN pun ada. Gue juga udah ngerasainnya di Unit Kegiatan Kerohanian Islam Universitas Surabaya, meski pun belum sepenuhnya hijrah, paling gak ibadah-ibadah wajib gue sekarang udah giat dan kenalan-kenalan serta pengalaman baru juga banyak yang gue dapat.

Terus nunggu apalagi? Nungggu ajal? Nunggu kiamat baru mau hijrah alias move on?? Udah telat kalee.   Kalo orang pintar dan berpikir loe bakal segera berubah dan berpindah tempat ke tempat yang lebih baik.

Sekian dari gue temen-temen semoga bermanfaat, maaf jikalau ada salah-salah kata.

Keep on motivated my bro and sist.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar