Pages

JombloIsMe

Minggu, 26 Februari 2012
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Masbro and Mbaksist yang ane hormatin dan ane banggakan, apa kabar antum/na hari ini?? Galau kah?? Ane harap gak ya.. (∩_∩)Ane aja yang barusan nonton Arsenal di bantai AC Milan 4-0 tetep berbesar hati kok(cieeee curhaaaaat)

Mungkin dalam hati agan-agan dan aganwati-aganwati sekalian terbesit pertanyaan "Ngapain sih nih orang tiba-tiba nanyain galau?". Ane cuman ngasih tau, jikalau galau, galaulah yang cerdas jangan galau yang isinya ngetweet atawa ngepost yang isinya kegalauaaan mulu karena itu bukan tempatnya. Sekalipun pengen galau, lebih baik post lewat doa, biar langsung di dengar Allah SWT, sekalian minta petunjuk untuk bebas dari cengkraman rasa galau yang sedang ente-ente rasain saat ini. Jujur, akhir-akhir ini ane merasa digelitik karena tiap buka beranda-nya facebook, timeline-nya twitter, recent update-nya bbm isinya galauuuuu melulu, dan yang paling sering ane lihat itu galau gara-gara jomblo (́_̀). Dari hasil observasi itulah ane pengeeen banget nulis tentang jomblo ini,


"Hari geneee masih jomblo ?" rasanya panas banget nih kuping dengarnya, persis iblis yang kepanasan dengar ayat-ayat suci Al-Qur'an, saking panasnya kayak ada asap keluar dari atas kepala. Jantung berasa berdegup kencang banget, muka merah karena malu di katain jomblo. Nah, saat itu pula lah bisik-bisik tetangga, eh nggak ding maksud ane bisik-bisik syaitan lebih mudah masuknya, trus dengan nafsunya, isi kepala cuman  "Pacar, manaaa pacar??!! Mana??!!". Tapi ane yakin bener buat semua kawan ane yang udah ngerti jalan hidup yang Islami akan langsung bilang "So, what?".


Tunggu dulu...tunggu dulu...tunggu duluuu, ane gak munafik bro, ane bukan orang yang gak pernah ngerasain proses pacaran itu sendiri. Ane pernah dua kali malah menjalani hubungan yang disebut berpacaran. Emang, dimasa-masa transisi dari kekanak-kanakan menuju kedewasaan ini (atau yang lebih keren disebut REMAJA) kita bakalan ngejalanin satu skenario, ceiilee kayak bintang-bintang sinetron stripping gituu... Ya, skenario paling indaaah dalam masa hidup ente sekalian yaitu perasaan ketertarikan dengan lawan jenis. Skenario ini di hadiahi oleh Allah karena Beliau Maha Mengetahui apa-apa saja yang dibutuhkan oleh makhluk ciptaannya, selain itu juga untuk menambah kisah-kisah petualangan kita di masa muda, perasaan ini begitu indah dan gak bisa disamakan dengan lukisan indah mana pun di dunia. Bahkan, bagi teman-teman yang udah baligh dan belum pernah merasakan perasaan ini, segera periksakanlah diri anda ke RS-RS terdekat di kota anda, ada yang salah dengan diri anda. Kenapa ane bilang Allah ngerti banget dengan "kebutuhan" kita yang satu ini, ane kasih nih firman-Nya:

“Dijadikan indah pada pandangan manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allahlah tempat kembali yang baik (surga)” (Ali Imran: 14)

Saking indah nya perasaan yang nantinya akan kita sebut dengan "cinta" ini, apa pun yang bertemakan cinta akan laku di konsumsi masyarakat, mulai dari pantun, puisi, musik, film dll. Jadi ente mesti bersyukur dengan perasaan cinta yang diberikan Allah sebagai fitrah kita bersama. Nah, tapiiii namanya juga orang-orang yang belum ngertiii, banyak banget deh penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan. Seperti apa? Ya, seperti proses berpacaran yang banyak banget ane lihat sekarang-sekarang ini. Mungkin banyak teman-teman pembaca yang nganggep ane yang melakukan penyimpangan. "Pacaran kok gak boleh?? Freak banget nih orang!". Ya, termasuk Ibu ane sendiri mula-mula bilang kalo ane itu aneh. Di tiap-tiap percakapan kami di telephone, Ibu pasti selalu nyisipin kata-kata "Jangan lupa cari pacar Nak, biar ada yang ngurusin kamu disana". Hati ane tergelitik dan sempet terpikirkan buat jawab "Kenapa gak nyari asisten rumah tangga a.k.a. pembokat aje klo cuman buat ngurusin". Tetapi "keanehan" ane ini, akhirnya diterima Ibu dengan lapang dada, kejadiannya waktu ane pulang liburan beberapa waktu lalu, begini ceritanyaaaa:

Skenario ini dibuat oleh penulis yang ganteng dan imut kata Ibu nya dengan berlatar malam hari dengan keadaan santai dan bertempat di dalam mobil.


Ibu: "Tuh, liat malam minggu gini banyak yang keluar sama pacarnya. Kamu nda iri liat mereka boncengan sambil pelukan gitu"?

Ane: "Hehehe, Ibu bigimane sih?? Ya memang Ibu ngeliatnya bagus kalo saya dalam posisi yang laki-laki, diem ngebonceng sambil dipelukin. Bigimane kalau saya ini anak perempuan, perawan, terus malam-malam kayak gini melukin cowok perjaka, dan diliatin sama orang-orang lain di sepanjang jalan?"

Ibu: "Oh, iya juga ya" *brb ganti tema pembicaraan*

*****


Gimana teman-teman (terutama yang cewek)? Bisa ngambil intisari dari percakapan ane dan Ibu diatas? Kalo gak tau ane kasih tau deh. Intinya, gak semua aktifitas dalam berpacaran itu baiiik, contohnya pelukan kayak tadi itu, Ibu ane aja yang kebelet nyuruh ane pacaran (karena ane laki-laki) akhirnya berubah pikiran ketika ane analogikan ane itu yang perempuannya. Baik bagi yang cowok dan gak baik bagi yang cewek beserta seluruh keluarganya. Kenapa begitu?? Soalnya semua orang tua bakalan takut, kalo anak gadis perawannya bakal kehilangan sesuatu yang mahaaal banget harganya dan biasa disebut keperawanan. Kok bisa?? Manusia itu mahluk hidup yang mampu beradaptasi dan berkembang dengan cepat (dalam hal-hal jelek terutama) awalnya suka-sukaan, terus pegang-pegangan, terus peluk-pelukan, dan kemudiaaaan naudzubillahimindzalik, semoga teman-teman gak ada yang nyerahin harta paling mahalnya itu, soalnya benda itu lebih mahal dari sekedar harta apapun di dunia ini, termasuk rayuan-rayuan gombal cowok-cowok yang gak bertanggung jawab. Keperawanan itu bagai air kobokan, sekali dipakai oleh tangan-tangan kotor, airnya gak bakalan jernih lagi, kecuali di ganti. Emang bisa perawan ente di ganti?? So, sekali lagi ane terangin kalo wanita itu harga nya mahal, hanya ada satu emas yang bisa ngebayar ke-mahal-an kalian itu hai kaum hawaa. Ya apalagi kalo bukan emas kawin dipernikahan kalian ntar.

Bagi yang laki-laki, jangan dulu berasa aman dan berpikir "Untung cowok gak ada perawan-gak perawannya", kalo ente sampe mikir gitu berarti pikiran ente dangkal, sedangkal pipis nyamuk yang ditampung dalam ember. Ente emang gak berbekas kalo sudah ngelakuin hal-hal yang berbau seks, nda bakal kehilangan perawan dan nda bakal hamil pastinya. Cuman kalo ente cuman tenang-tenang aja saat ngelakuin hal-hal yang harusnya hanya dilakuin pasangan suami-istri itu berarti ente belum pernah dapat pelajaran Agama di sekolahan, perasaan sekitaran SMP kelas 3 ane udah dapat nih firman Allah:

“Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu jalan yang buruk" (QS: Al-Isra:32)


Nah lhoo, mendekati zina aja gak boleeh, apalagi ngelakuinnyaa?? Ya gak sih? Apa ane sok tau? Ane rasa sih masbro dan mbaksist yang udah merasa diri gede, yang udah bisa bedain yang baik dan yang buruk pasti tau lah... Tapi biasanya ada juga sih beberapa orang yang badannya aja gede tapi pemikirannya childish banget dan berkomentar "Ahhh, cuman Nabi aja yang bisa ngelakuin ituu", hehehe Rasulullah itu kan tuntunan kita, kenapa gak dicontoh? Ini malah ngikutin artis-artis di tipi. Eh, ada yang berpikiran sama ama ane gak sih? Pacaran itu kan banyak berhubungan sama akibat-akibat orang melakukan zinaa, nah bukannya itu bisa dibilang juga sama dengan mendekati zina itu sendiri?

Yang LDR-an senyum-senyum di belakang sambil berpikiran "Aku kan LDR, jarang ketemu jadi, mendekati zina nya jarang-jarang". Sering ketemu aja pegangan tangan gak bosan-bosan, trus gimana yang udah nahan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun gak ketemu?? Nafsunya pasti menggebu-gebu. Hihihi, yang namanya nafsu itu bagaikan, maaf, nahan boker waktu loe on the way pulang ke rumah, sakit gak bisa ditahan, apapun bakal dilakukan, yang biasa nyetir kecepatan 30/km aja gak nyampe tiba-tiba tarik gas sampe 80/km, nyelip-nyelip bahkan ngelanggar semua lampu merah yang ada. Gitu juga dengan nafsu ente, apa pun bakal dilakuin oleh cowok yang punya persentase akal dalam otak 99%, buat ngedapetin 1% nafsu yang dia punya, sedangkan yang cewek biasanya bisa nahan 99% nafsunya dengan hanya 1% akalnya, tapi lama-lama mau juga kalo udah kena gombal-gembel si cowok, sepertin yang sedang tenar sekarang itu lhoo "Bapak kamu ini ya?? Itu ya??".

Sebagai penghalus ane analogikan hubungan antara cowok dan cewek ini dengan makanan ya, soalnya menurut guru biologi gue, Bapak Syamsu Ardiansyah (maap ane lupa titelnya Pak, hehehe) "Manusia itu pasti cepat mengerti kalau ngomong tentang makanan" dan bener bagian-bagin sel yang dia umpamakan seperti sebungkus bakso, sukses buat kami sekelas mengerti cepat bagian sel. Oke, sekarang hubungan antara cowok dan cewek ini bagaikan makanan, ada yang halal dan ada yang haram. Yang halal apa? Yang ada label halalnya, sama seperti manusi yang jika sudah belabel halal dengan pernikahan, maka hubungan mereka halal. Yang haram adalah yang tidak berlabel halal, sama kayak hubungan pacaran yang gak ada label apa pun, soalnya terakhir kali ane cek Al-Qur'an dan hadist, gak ada tuh yang ngebolehin hubungan cowok-cewek dengan "nembak". Nah, lucunya kalo di tipi gembar-gembor ada makanan haram yang beredar di pasaran, masyarakat bakal rame-rame untuk gak ngosumsi lagi. Nah, giliran ada Ustad di tipi yang gak ngebolehin pacaran, masyarakat malah mencibir dan mencomooh. Iya gak? Aduhh, kalau soal perutt aje, langsung repot.

Nah, masbro-masbro dan mbaksist-mbaksist sekalian, masih banyak hal-hal absurd tentang pacaran dan gak bakal nampung kalo ane tulis di sini (alibi capek ngetik), tapi Insya Allah tulisan ane ini adalah pengantar buat kita hidup yang Islami  dan bagi teman-teman yang ane ngerti pastiii ngerti banget tentang tulisan ini (kalian udah gede, pasti ngerti) ane harap cepat menuju jalan yang benar, hehehe.

Jangan malu untuk mengatakan Jombloisme( Jombol is me)

Keep on motivated bro and sist


Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

2 komentar:

  1. maening x dapet banget... makasi banyak ya akhi :)

    BalasHapus
  2. @Anonim Syukron juga , semoga bisa di share ke teman-teman antum/na yang lain

    BalasHapus